Praktik Pengembangan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) Mahasiswa Polsapa

Praktik Pengembangan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) Mahasiswa

Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Polsapa

 

Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Sarjana Terapan Polsapa berkomitmen menghasilkan tenaga ahli di bidang laboratorium medis yang kompeten, peduli dan tanggap terhadap isu aktual yang berkembang di masyarakat serta mampu memberi sumbangsih bagi masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

Sesuai dengan amanat unsur Primary Health Care, maka kegiatan PKMD yang dilakukan oleh mahasiswa prodi TLM Polsapa mengambil fokus dalam hal:

  1. Pendidikan mengenai masalah kesehatan dan cara pencegahan penyakit serta perlindungannya.
  2. Kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana, dan
  3. Pencegahan dan pengendalian penyakit endemi setempat.

Pada tahun 2019 ini, kegiatan PKMD diselenggarakan di RW 12 Kelurahan Pajang Laweyan Surakarta dari tanggal 2-16 Desember 2019.Dalam kegiatan ini, mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok kecil dengan anggota 6 orang setiap kelompok. Kegiatan diawali dengan serah terima mahasiswa dari kampus ke pihak Kelurahan Pajang, dalam hal ini diterima oleh Bp. Agung Budiyanto, SE., M.Si selaku Kepala Kelurahan Pajang. Mahasiswa selanjutnya diserahkan kepada Ketua RW 12, Bp. Joko Prihantoro, S.E. untuk ditempatkan pada 6 wilayah RT.

Melalui kegiatan PKMD, diharapkan mahasiswa bersama dengan masyarakat, pemerintah desa dan puskesmas dapat bersinergi untuk melakukan upaya preventif terhadap munculnya suatu masalah kesehatan, dan mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di wilayah Kelurahan Pajang serta mencari solusi bagi permasalahan tersebut untuk meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan rakyat. (ASP)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *